Perpisahan Bukanlah Akhir !

Tak terasa enam tahun sudah mereka mengenyam pendidikan di bangku sekolah dasar. Mulai dari anak yang tak bisa baca tulis hingga kini mereka tumbuh dan berkembang menjadi sosok anak yang siap bersaing di era globalisasi. Belajar di sekolah dasar selama enam tahun mengajarkan mereka arti penting pendidikan. Belajar tak selalu berkaitan dengan buku, ruang kelas, maupun Bapak/Ibu guru. Setiap tingkah laku yang mereka alami setiap hari merupakan buah dari pembelajaran yang di dapat baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Ketika anak sedang bermain bersama temannya pun sejatinya merupakan belajar. Ketika anak kalah dalam sebuah lomba menyanyi pun juga belajar. Jadi belajar dalam arti luas telah mengantarkan mereka menjadi anak yang kuat dan siap akan perubahan. 

Tangis haru siswa saat acara perpisahan
Anak-anak yang dulunya tak pernah memperhatikan dandanan atau tampilan fisik seketika berubah 180 derajad. Mungkin hal itu karena mereka telah tumbuh remaja. Kini kami Bapak dan Ibu Guru mu telah siap melepasmu ke jenjang yang lebih tinggi. Kami tak ragu lagi kalian akan menjadi calon-calon penerus bangsa yang bisa diandalkan. Dimanapun kalian melanjutkan nanti, entah di sekolah negeri ataupun swasta jikalau kalian bisa tumbuh seperti tunas kelapa, bertperilaku seperti angsa di air yang keruh, atau seperti singa di kawanannya niscaya kalian akan menjadi sosok yang berguna dikemudian hari. Ingatlah, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Dimana pun kalian berada, tetaplah mengikuti dan mentaati segala aturan di tempat tersebut. 

Anak-anakku, tetaplah menjadi laskar pelangi. Kejarlah cita-citamu setinggi bintang, kalaupun kau jatuh kau tetap berada diantara bintang-bintang. Jagalah nama baik almamatermu, jangan sekali kau pernah lupakan jasa Bapak dan Ibu Gurumu. Permintaan kami cuma satu, jadilah anak yang berguna bagi nusa dan bangsa apapun jabatan atau profesimu kelak. Tetap semangat mengejar cita-cita, karena kaulah laskar pelangi kami.


Komentar

Postingan Populer